Portofolio: Artikel Feature

Pekerjaan membuat liputan feature sudah gue lakoni sejak lulus kuliah. Dimulai dengan bikin artikel untuk majalah seni rupa. Lalu gue lompat ke majalah Hai dan menetap bertahun-tahun. Selama di Hai, gue paling lama mengasuh rubrik sekolah. Tapi sering pula ikut menggarap artikel dari rubrik film, musik, dan isu aktual.

Sebagai wartawan rubrik sekolah, gue sering banget pergi ke tempat-tempat anak SMA ngumpul. Setiap hari gue berinteraksi dengan anak SMA untuk ngulik cerita lika-liku dunia mereka. Gak fokus isu pendidikan formal tentunya. Hai lebih suka menggali cerita anak SMA di luar sekolah. Anak SMA yang alim sampai yang badung gue ajak ngobrol.

Eh cerita tentang Hai jadi agak panjang, nih. Maklum ya, soalnya kemampuan gue menulis feature memang banyak terasahnya di majalah Hai. Redaksi Hai punya prinsip untuk selalu menyuguhkan cerita mendalam tiap kali menggarap suatu isu. Editor-editor kami sesekali menegaskan kalau Hai itu Tempo untuk anak remaja.

Di luar Hai, gue juga menulis feature untuk beberapa media lainnya. Temanya gak jauh-jauh dari gaya hidup, sosial, dunia kreatif dan komunitas.

Berikut ini adalah beberapa liputan feature pilihan. Sebagai besar gue garap sendiri, tapi ada juga yang digarap bersama, gue sebagai project leader-nya.

%d blogger menyukai ini: